Kesehatan Umum, Kesuburan, Pra Hamil

Yuk Rencanakan Kehamilan Sejak Awal!

yuk-rencanakan-kehamilan-sejak-awal
Mom’s, adakah yang lagi promil? Tahukah kita promil itu berarti kita sudah merencanakan kehamilan kita lho. Ini berarti positif, tahukah kenapa?

Kehamilan yang direncanakan sebelumnya, akan membuat kita dan suami meningkatkan kesehatan pastinya. Nah kesehatan yang telah kita persiapkan sejak awal itu, ternyata besar banget lho Mom’s efeknya. Mulai dari menyiapkan fisik kita untuk hamil sehingga resiko keguguran menurun, menurunkan angka kelahiran prematur , Berat Lahir Bayi kita bisa lebih cukup plus nilai lebihnya bisa menyiapkan mental kita untuk hamil jauh lebih oke.

Tahukah Mom’s kalau peneliti menemukan bahwa ada peran serta masalah psikologis kita selama hamil seperti kecemasan berlebih dan depresi dengan kejadian autisme maupun kelainan perilaku lain pada anak. Meskipun tentu bukan selalu faktor itu ya Mom’s yang menjadi penyebab autis dan gangguan perikalu anak, tapi mencegah segala kemungkinan tentu lebih baik kan ya?

Lalu apa nih Mom’s yang harus kita siapkan sejak awal?

Jauh-jauh dari stress

Stress akan meningkatkan hormon adrenalin & menurunkan progesteron sehingga menyulitkan kita untuk hamil. Karena bahan baku untuk membuat hormon sudah habis untuk membuat hormon stress, jadi hormon reproduksi kita akan dihentikan sementara produksinya karena dianggap tidak terlalu penting saat itu.

Yuk Kita Detox

Mom’s tahukah kalau ketika hamil kita bisa membuang racun melalui plasenta bayi? Nah lho kalau bayinya jadi makan racun gimana? Untuk itu, sebelum hamil penting banget deh untuk bersihkan tubuh kita dari racun seperti polusi, radikal bebas maupun makanan yang tidak sehat yang kita makan dengan detox.

Gimana cara detox? Kita bisa pilih alat2 perawatan diri mulai dari make up, peralatan mandi yang bersih dari bahan kimia berbahaya, minum air putih yang banyak, makan makanan yang mampu menjadi detox seperti sayuran hijau, jahe, lemon, kurma maupun zuriat.

Perhatikan Pola Makan Kita

BB ideal sangat penting untuk kesuburan dan mencegah PCOS. Makanan segar (kaya vitamin mineral), protein, lemak sehat dan antioksidan penting untuk kesehatan kita Mom’s. Pilih makanan yang masih fresh seperti buah dan sayur yang tinggi serat dan antioksidan. Untuk makanan apa yang bagus dan kurang baik dimakan saat promil bisa lihat di postingan sebelumnya ya Mom’s 😉

Olah raga Ringan Teratur

Olahraga ringan seperti yoga berjalan kaki maupun senam yang dilakukan secara teratur akan meningkatkan peredaran darah, dan membantu memperbaiki keseimbangan hormon serta meningkatkan kualitas sperma dan menteraturkan siklus kita. Jangan over ya olahraganya karena justru akan bikin tubuh kita stres, jadi kacau lagi deh Mom’s nanti hormonnya.

Kurangi Obat-Obatan

Nah terakhir adalah batasi penggunaan obat yang tidak perlu ya Mom’s. Kenapa? Karena obat tetap punya efek samping ya, jadi kalau kita benar-benar tidak perlu coba beralih ke alam misal dengan dengan esential oil, sayuran, buah dan air nabez untuk menjaga kesehatan kita. Kan di setiap obat ada keterangan hati-hati pengunaan untuk anak kecil dan ibu hamil ya, jadi pasti ada efek samping yang kurang bagus untuk promil maupun calon baby kita ya Mom’s.

Nah, persiapan kehamilan sejak awal adalah investasi agar kehamilan kita sehat seutuhnya Mom’s!

Love,
Zupermom team

0 Komentar

Balas Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked*