Kesehatan Umum

Tips “Me Time” untuk Ibu Super Sibuk

tips-me-time-untuk-ibu-super-sibuk

Normalkah Kita Stress Karena Menjadi Ibu?

Apa sih pentingnya “Me Time” untuk kita Moms? Menjadi ibu itu terlebih jika tanpa asisten rumah tangga, pasti luar biasa ya kerjaannya. Ibu itu memang multitasking, kita bisa mengerjakan banyak hal dalam waktu singkat. Tetapi memang terkadang tanggung jawab yang banyak kita lakukan itu bisa membuat kita lelah dan stress.

Hasil studi dari American Psychological Assosiation (APA) tahun 2010 menujukkan Ibu memang lebih sering mengalami gejala stress dari ayah. 41% ibu merasakan nyeri kepala, 44% ibu terkadang merasa ingin menangis, 32% ibu mengalami masalah pencernaan. Nah data ini menujukkan kalau memang stress itu lekat banget dengan tugas ibu yang luar biasa banyak ini Moms.

Jadi jika kita mengalami stress, jangan merasa bersalah ya Moms. Itu hanya tanda tubuh kita ingin istirahat sebentar agar tubuh dan pikiran kita fresh kembali.

Nah Moms apa nih yang bisa kita lakukan untuk mengatasi stress?

  1. Pahami penyebab stress kita ya
  2. Kenali tanda stress yang sering kita alami
  3. Kenali apa yang biasa kita lakukan saat sedang stress, jika hal itu buruk maka yuk mulai kita ubah dengan hal positif!
  4. Coba kita temukan cara sehat untuk menurunkan stress: jalan-jalan pagi, olah raga, berbagi masalah dengan pasangan atau keluarga hingga aromaterapi bisa dicoba Moms
  5. Jangan takut untuk berobat atau mencari bantuan jika kita merasa terlalu berat gejala yang kita hadapi Moms.

“Me Time” untuk Ibu

Karena peran ibu itu banyak, terutama ibu rumah tangga yang tanpa asisten. Dari bangun tidur sampai tidur lagi, seolah-olah kerjaan tidak berhenti. Jika kita melakukan pekerjaan yang sama secara terus menerus pasti adakalanya kita merasa lelah baik fisik maupun psikis ya, yang biasa dikenal dengan istilah burn out. Nah makanya untuk menyegarkan fisik dan pikiran, kita butuh yang namanya “Me time” Moms.

Apa sih “me time” itu? Kalau dari istilah di Oxford dictionarry nih Moms, “Me time” diartikan dengan melakukan tindakan yang akan menyegarkan tubuh dan pikiran kita atau simpelnya relaksasi.

Tapi “me time” tidak harus selalu spa, ke salon, rekreasi ke tempat mahal ataupun lainnya.

Tips “Me Time” untuk Ibu Super Sibuk

  • Lakukan sedikit perawatan diri ketika anak tidur: kita bisa mencoba merendam kaki dengan air hangat yang dicampur aroma terapi Moms, itu akan membuat tidur kita jauh lebih nyenyak dan lelah hilang.
  • Pilih untuk isirahat sebentar ketika anak sekolah: nah ini baru bisa dilakukan kalau anak kita udah sekolah ya Moms, ketika mereka sekolah kita bisa melakukan liburan kecil seperti berendam di rumah, melakukan hal kita sukai mungkin berkebun atau hanya tidur sebentar sebelum kembali ke rutinitas.
  • Pilih aktivitas menyenangkan yang bisa kita lakukan bersama anak: semisal jalan-jalan bersama anak atau pergi ke taman bermain
  • Bangun lebih awal: setiap pagi kita bisa bangun lebih awal Moms untuk melakukan aktivitas yang membuat kita semangat sebelum kita berkutat dengan pekerjaan rumah. Kita bisa jalan-jalan dipagi hari, minum teh atau kopi sembari melihat suasana pagi, ataupun melakukan kegiatan ibadah kita

Nah setelah kita isi energi kita dengan “me time”, kita bisa kembali merawat keluarga kita dengan lebih semangat dan bahagia ya Moms. Karena agar keluarga kita bahagia sudah pasti Mommy nya harus lebih bahagia ya 😘

Love,
Zupermom team

0 Komentar

Balas Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked*