Balita, Bayi Baru Lahir, Nifas

Pentingnya Bonding Ibu dan Bayi

pentingnya-bonding-ibu-dan-bayi

Mungkin sebagian kita masih asing mendengar istilah bonding, sebenarnya apa sih bonding itu Moms?

Istilah bonding dalam bahasa mudahnya dapat diartikan sebagai kedekatan emosi, kedekatan emosi ini akan membuat bayi kita terikat secara khusus pada seseorang. Bonding merupakan alasan mengapa bayi sangat tenang dan nyaman ketida digendong ibunya. Normalnya bonding itu terjadi antara bayi dengan ibu dan ayahnya, namun tidak menutup kemungkinn bonding itu justru terjalin pada bayi dengan orang yang merawatnya seperti nenek ataupun babysisternya, miris kan Moms kalau misalnya bayi kita lebih sayang mbak nya.

Mengapa harus ada Bonding dengan Bayi?

Bonding sangat diperlukan bayi untuk mengembangkan emosional dan perilakunya dengan baik nih Moms. Bonding akan sangat memfasilitasi kedekatan emosi dan kelekatan hubungan jangka panjang kita dengan anak.

Kasih sayang anak kepada orang tuanya akan muncul dengan adanya bonding yang baik. Bonding yang baik akan memberikan rasa aman pada bayi dan akan meningkatkan harga diri bayi. Bayi tidak akan mudah rewel karena kebutuhannya terpenuhi dan dia akan mengembangkan rasa percaya pada orang lain terlebih pada ayah dan ibu nya.

Bonding akan meningkatkan kemampuan bayi untuk mengembangkan emosi dengan baik dan membantu bayi untuk membangun hubungan dengan orang lain dengan lebih mudah. Bayi yang merasa disayangi dan aman selama 6 bulan pertama kehidupannya akan membuatnya tumbuh menjadi anak dan remaja yang lebih percaya diri.

Untuk orang tua, bonding itu sangat berarti karena akan membantu kita merasa terhubung dengan bayi, membuat orang tua lebih memahami bayi, dan meningkatkan kepercayaan diri orang tua dalam merawat bayi. Bonding, juga sangat penting untuk menurunkan kecemasan dan mempercepat ibu beradaptasi dengan peran barunya. Jadi bisa banget Moms mencegah kita kena baby blues.

Kapan Waktu Optimal Bonding dapat terbentuk?

Waktu terbaik terbentuknya bonding adalah beberapa hari petama setelah kelahiran bayi. Itulah mengapa Inisiasi Menyusui Dini sangat dianjurkan Moms tepat ketika bayi kita lahir.

Ketika kulit ibu dan kulit bayi bersentuhan, ketika tangis bayi dan senyumnya didengar ibu, ketika ia mulai mencari ASI dan ketika kontak mata dengan bayi dimulai, maka bonding akan sangat mudah tercipta. Ibu dan bayi akan merasa sangat terikat dan dekat. Inilah yang akan memberikan pondasi untuk ikatan kasih sayang sepanjang hayat ibu dan bayi.

Karena bonding sangt penting untuk bayi dan orang tua,memaksimalkan hubungan pada awal kelahiran bayi akan sangat membantu menciptakan bonding yang akan sangat berdampak pada hubungan keluarga kedepannya lho Moms.

Love,

Zupermom team

0 Komentar

Balas Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked*