Kehamilan, Kesehatan Umum, Trimester 1

Morning Sickness & Cara Alami Menguranginya

morning-sickness-cara-alami-menguranginya

Mual selama kehamilan yang lebih dikenal sebagai morning sickness sangat umum dialami banyak ibu hamil, terutama pada trimester pertama kehamilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50 persen sampai 80 persen dari semua wanita hamil mengalami morning sickness ketika kehamilan lho Moms. Dan banyak dari ibu hamil itu merasa mual tidak hanya ketika pagi saja.

Dalam bahasa medis, morning sickness dikenal sebagai hiperemesis gravidarum. Menurut Institute of Health Sciences di Oxford, penelitian menunjukkan bahwa morning sickness ini memiliki hubungan baik lho Moms pada kehamilan dan kesehatan ibu, serta persalinan dan bayi yang lebih sehat.

Ibu yang mengalami morning sickness dari hasil penelitian menunjukkan penurunan risiko mengalami keguguran lho Moms. Tidak hanya itu, Bayi juga cenderung tidak terlahir prematur atau dengan berat lahir rendah. Nah morning sickness yang sangat tidak menyenangkan ini ternyata punya sisi baik juga kan Moms.

Memang sih morning sickness yang parah, akan sangat mengganggu aktivitas calon ibu untuk bisa makan cukup selama berbulan-bulan. Nah kondisi ini yang sering dikawatirkan oleh ibu hamil, apa kebutuhan dan tumbuh kembang bayinya akan tercukupi.

Peneliti masih belum memiliki jawaban konkret nih Moms tentang penyebab pasti morning sickness, meski hormon HCG yg terbentuk diawal kehamilan yg berfungsi untuk menempelkan janin ke rahim diduga menjadi pemain utamanya. Nah daripada kita mikir penyebabnya lebih baik kita belajar aka yuk Moms apa yg bisa kita lakukan untuk menurunkan si morning sickness ini, minimal kita bisa makan lah.
Apa yang dapat kita lakukan untuk membantu menurunkan frekuensi dan tingkat keparahannya?

1.Makan dalam porsi sedikit tapi sering

Moms penting banget ya untuk kita menjaga porsi makan kita, porsi yg kecil akan menurunkan resiko mual namun lakukan lebih sering bisa 4-6 kali sehari agar kebutuhan ibu dan bayi terpenuhi

2. Hindari makanan yg beraroma kuat, pedas dan rasa yg terlalu kuat

Makanan seperti ini akan sangat merangsang asam lambung Moms, bisa bisa malah muntah semua lagi nanti. Pilihlah sup hangat yg ringan agar membantu menyamankan perut kita Moms

3. Jangan lupakan sarapan

Ini penting banget Moms! Sarapan akan menjaga asam lambung kita tetap stabil sepanjang hari.

4. Perut jangan sampai kosong lebih dari 3-4 jam

Biasakan bawa cemilan kemana2 moms. Bisa buah, kukis, roti ataupun makanan yg kita suka asal sehat ya.

5. Meminum herbal tea akan membantu menurunkan asam lambung

Jahe ataupun spearmint tea akan sangat membantu menurunkan begah, mencegah asam lambung naik dan menyamankan pencernaan kita lho Moms

6. Cobalah essential oil

Menghirup aromaterapi jahe atau spearmint dan lavender akan sangat menenangkan dan mampu mengusir mual lho Moms, tapi maksimal 10 menit aja ya. Dan jangan lupa konsultasikan dulu ke dokter kandungan masing masing ya Moms

Nah Moms mudah kan cara alami mengurangi morning sickness nya. Jangan kawatir ya, morning sickness justru pertanda baik lho karena janin kita melekat kuat.

Love,

Zupermom team

0 Komentar

Balas Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked*