Kehamilan, Pra Hamil, Trimester 1

Mengapa Hasil Tes Kehamilan Bisa Keliru?

mengapa-hasil-tes-kehamilan-bisa-keliru

Moms ada yang pernah hasil tes kehamilannya bikin galau? Awalnya garis 2 eh tiba-tiba pas diulang kok tinggal 1. Nah lho sering banget kan ya bikin bingung kita.

Kapan waktu terbaik untuk tes kehamilan?

1. Pagi hari saat bangun tidur

Yups bener ya Moms, kita memang harus melakukan pada pagi hari setelah bangun tidur dan memang dilakukan dengan urin pertama (karena kadar HCG itu tertinggi saat bangun tidur Moms). HCG adalah hormon pertanda menempelnya janin dan inilah yang diukur dari tes kehamilan kita.

2. Pastikan Sudah terlambat haid
Terus jangan terlalu cepat Moms untuk tes nya. Pastikan kita minimal sudah telat 1-2 hari ya! Soalnya hormon HCG ini naiknya perlahan tidak langsung.

Positif Palsu dan Negatif Palsu

1. Positif Palsu
Nah terus pernah nggak kita hasilnya pertama garis 2 terus pas di cek ulang jadi negatif? Itu namanya positif palsu ya Moms. Jadi memang kita tidak hamil, apa sih yang bisa bikin hasil positif palsu?
✳️Test pack expired
✳️Ada protein dalam urin
✳️Penggunaan obat tertentu seperti antihistamin
✳️Keguguran tepat setelah implantasi
✳️Evaporation line: garis palsu akibat testpack terlalu basah atau dibaca lebih lama dari yang seharusnya (> 10 menit)

2. Negatif Palsu
Terus misal pas tes pertama garis 1 terus diulang kok ternyata positif ya Moms, itu kenapa ya? Negatif palsu bisa disebabkan oleh:
✳️Terlalu awal melakukan tes
✳️Waktu yang kurang tepat
✳️Alat tes kurang sensitif
✳️Urin terlalu encer
✳️Instruksi dalam kemasan tidak dilakukan

Tuh kan Moms, banyak nih yang harus diperhatikan saat kita melakukan tes kehamilan. Yuk KIta cermati caranya agar hasilnya juga akurat.


Love,
Zupermom team

0 Komentar

Balas Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked*