Kehamilan, Trimester 3

Kenaikan Berat Badan Ideal Saat Hamil

kenaikan-berat-badan-ideal-saat-hamil

Hamil itu pasti bersamaan dengan naiknya Berat Badan ya Moms. Nah, terkadang ada ibu hamil yang Berat Badannya hanya naik sedikit saja. Tapi tidak jarang juga ibu hamil yang naiknya luar biasa, hingga kita kewalahan untuk menurunkannya lagi setelah melahirkan.

Mengapa Ibu Hamil Berat Badan harus Naik?

Kehamilan itu akan meningkatkan Berat Badan karena terdapat beberapa hal yang harus naik, mulai dari plasenta, bayi, cairan amnion dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya distribusi kenaikan Berat Badan selama Kehamilan yaitu:

  • Plasenta: 1-1,5 kg
  • Air ketuban/ cairan amnion: 1-1,5 kg
  • Payudara: 1-1,5 kg
  • Darah: 2 kg
  • Cadangan lemak: 2,5-4,5 kg
  • Rahim: 1-2,5 kg
  • Bayi: 3-4 kg

 

Kenaikan Berat Badan Ideal Saat Hamil

Lalu Moms Berapa sih kenaikan Berat badan yang ideal? Karena kenaikan yang kurang maupun berlebih pasti akan membawa dampak baik kita dan janin.

Untuk mengetahui kenaikan BB ideal kita harus tahu terlebih dahulu BMI (Indeks masa tubuh) kita ya Moms. Rumusnya: Berat Badan sebelum hamil : Tinggi badan (m) 2.Contoh Berat Badan kita 50 kg sebelum hamil, dan Tinggi badan kita dalam meter adalah 1,57. Maka: 50:(1,57) 2 = 20,1.

Nah setelah itu kita akan melihat kita masuk kategori mana Moms. Kalau skor BMI kita kurang dari 18,5 maka kita termasuk underweight atau bisa dibilang kurang Berat Badannya. Jadi kita butuh menambah ekstra berat badan saat hamil hingga 14-20 kg agar kebutuhan gizi bayi kita terjamin.

Baca Juga:

Jika BMI kita 19-24 maka kita termasuk ideal Berat Badannya atau cukup. Kalau kita normal BMI nya kita hanya perlu menambah berat badan hingga 12,5-17,5 kg Moms. Karena peningkatan berat badan berlebih juga dapat menyulitkan persalinan nanti dan meningkatkan resiko penyakit ibu seperti preeklamsia ataupun diabetes.

Nah yang harus juga diperhatikan jika kita termasuk dalam overweight (BMI 25-29) ataupun obesitas (>29). Kita benar-benar harus jaga kenaikan berat badan kita agar tetap ideal. Karena terlalu gemuk plus hamil akan meningkatkan beban jantung, jadi kerja jantung kita akan semakin berat dan bisa memicu timbulnya masalah jantung Moms. Untuk overweight cukup kenaikan BB 7,5-12,5 kg, sedangkan obesitas cukup 5,5-10 kg selama hamil.

Berat badan ideal adalah kunci menjaga kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan ya Moms. Jadi yuk kita mulai jaga pola makan dan atur jumlah makanan yang kita makan, agar kita tetap sehat saat dan setelah hamil nanti.

 

Love,

Zupermom team

0 Komentar

Balas Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked*