Kesehatan Umum

Kekurangan Nutrisi Pemicu Siklus Haid Kacau

kekurangan-nutrisi-pemicu-siklus-haid-kacau
Siapa nih yang siklus haidnya sering kacau? Sebulan dapet eh habis itu kadang 2 bulan nggak dapet, kadang juga bisa sampai 3 bulan juga. Atau sekali dapet bisa sampe berhari-hari bahkan bisa 2x sebulan. Atau mungkin hanya flek aja. Nah semua hal itu adalah tanda siklus kita kacau.
Siklus kacau balau atau yang sering disebut dengan haid tidak teratur ini banyak sekali penyebabnya. Mulai dari stress, pola makan hingga penyakit tertentu seperti PCOS, masalah hormon tiroid, kanker atau tumor kelenjar pituitari hingga masuknya kita pada fase pre menopause dan menopause. Nah untuk makanan ini sudah banyak diteliti lho Moms, salah satunya beberapa nutrisi penting yang langsung berhubungan dengan siklus bulanan kita.

Apa Saja Kekurangan Nutrisi Yang Bisa Memicu Kekacauan Siklus?

1. Zat Besi

Penelitian sudah menunjukkan, kekurangan zat besi akan membuat kita berhenti ovulasi atau anovulasi. Dalam bahasa sederhana kita tidak akan mengeluarkan sel telur yang mempunyai peran penting untuk mengatur siklus bulanan kita.Jika sel telur ini tidak mampu dikeluarkan hormon tidak akan mengalami pergantian yang artinya akan sulit untuk memicu menstruasi. Begitupun dengan kehamilan, tanpa sel telur yang dibuahi kehamilan juga tidak akan dapat terjadi.
Pastikan makanan sehari-hari kita cukup zat besi baik yang dari hewan (heme iron) seperti hati, telur, daging merah dan ikan laut ataupun zat besi dari tumbuhan (non-heme iron) seperti sayuran hijau, almond, polong-polongan hingga buah kering seperti kismis dan kurma.

2. Vitamin C

Vitamin C ini penting untuk memaksimalkan penyerapan zat besi. Jadi sebanyak apapun kita mengkonsumsi zat besi tetapi vitamin C kita kurang alhasil zat besi itu tidak akan mampu diserap tubuh kita dan digunakan dengan baik. Jadi pastikan kita mengkonsumsi keluarga jeruk, aneka berries hingga paprika saat kita mengkonsumsi sumber zat besi.

3. Vitamin B

Vitamin B kompleks ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon yang mengendalikan siklus bulanan kita. Jadi pastikan kita juga mengkonsumsi sayuran hijau seperti kale dan brokoli untuk mendapatkan sumber vitamin B.
Baca Juga:

4. Asam Lemak

Nah siapa bilang lemak itu tidak penting untuk tubuh kita? Padahal lemak ini adalah bahan baku untuk memproduksi hormon. Jadi tetap kita membutuhkan  lemak untuk diet seimbang. Namun tantangannya adalah kita harus memilih lemak yang sehat untuk kita konsumsi. Jadi ketika kita diet ketat atau terlalu kurus dan siklus menjadi kacau karenanya pastikan kita memilih lemak sehat seperti udang, minyak ikan, mentega ataupun alpukat agar hormon kita tetap seimbang.

5. Serat

Nah saat Berat Badan kita berlebih. Itu tandanya kita akan punya banyak estrogen yang dibentuk dari lemak yang tertimbunKelebihan lemak dan estrogen ini juga akan mengacaukan siklus haid. Karena estrogen haruslah turun untuk memulai haid. Sehingga kita harus mengkonsumsi cukup serat. Karena serat akan membantu membuang kelebihan hormon estrogen yang membuat siklus kita kacau. Sebisa mukin kita mengkonsumsi buah & sayur segar, kacang-kacangan dan buah kering seperti kismis, prune dan kurma.

6. Zink

Mineral ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon reproduksi sepanjang waktu. Nah seringkali kita lupakan sumber zink ini. Kita bisa tambahkan wijen ataupun kerang untuk mendapatkan zink.
Kesehatan kita adalah cerminan dari apa yang kita makan. Jika pola makan kita sehat kita juga pasti sehat begitupun sebaliknya. Yuk kita investasi kesehatan dengan pola makan sehat mulai sekarang.
Love,
Zupermom team
0 Komentar

Balas Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked*