Kesuburan, Pra Hamil

Cara Alami Mengatasi PMS

cara-alami-mengatasi-pms

PMS adalah masalah kesehatan wanita yang paling umum dialami sebagai penyerta haid. Karena 80-90% wanita usia subur mengalami minimal 1 gejala PMS lho Moms setiap bulannya. PMS ini memang normal terjadi karena hormon kita sedang berganti atau sedang tidak stabil. Memang berat dan ringan gejala PMS sangat bergantung dan berbeda pada tiap wanita, namun hal itu tidak perlu membuat kita kawatir karena ada lho cara alami mengatasi pms.

Apa Sih PMS?

PMS atau Pra Menstrual Syndrom adalah sekumpulan gejala yang sering dialami wanita ketika mendekati menstruasi atau haid.PMS biasanya terjadi pada hari ke 7-10 sebelum menstruasi dan berakhir 1-2 hari saat mens. 3 dari 4 wanita usia subur mengalami PMS  setiap bulannya. PMS ini terjadi karena hormon yang tidak seimbang mempengaruhi pengaturan mood di otak sehingga banyak gejala yang muncul mulai dari ketidaknyamanan fisik hingga psikologis kita.

Gejala PMS

Gejala PMS ini bermacam-macam, berat ringannya gejala pun sangat bervariasi setiap orang. SEhingga gejala ini tidak bisa dipukul rata semua mengalami dengan intensitas yang sama ya Moms. Nah untuk beberapa gejala PMS yang sering kita alami antara lain:

  • Cemas 
  • Ngidam 
  • Depresi 
  • Perut kembung dan PD tegang
  • Nyeri perut
Cara Alami Meringankan & Mencegah PMS
  1. Detok : detok akan membersihkan kelebihan hormon kita Moms. Lakukan dengan minum air lemon, makan sayuran hijau dan buah segar, hindari makanan cepat saji, soda dan kafein. 
  2. Tambahkan lemak sehat ya: Lemak akan membantu membentuk hormon yang kurang dan membuat keluhan PMS kita berkurang. Menambahkan alpukat, almond, pistachio dan ikan laut akan membantu menurunkan gejala. Namun konsumsi ini harus dimulai jauh-jauh hari sebelum menstruasi.
  3. Cegah  Dehidrasi: mencegah dehidrasi saat detok itu penting Moms, agar peredaran darah kita lancar. Perbanyak minum air putih, karena minum yang cukup akan mencegah kembung dan membuang racun lebih cepat.
  4. Olahraga ringan dan teratur: Olahraga ringan seperti berjalan kaki akan meningkatkan peredaran darah 
  5. Hindari gula berlebih dan soda: makanan tidak sehat akan memicu radang yang memperparah gejala PMS 
  6. Tambahkan nabez kurma dan madu: kaya antiradang dan anti nyeri, sehingga dapat menurunkan nyeri yang kita alami saat haid
  7. Gunakan aroma terapi/ essential oilr: essential oil lavender akan meningkatkan mood dan mengusir cemas, sedangkan spearmint oil akan mengusir begah dan membuat menstruasi semakin lancar. untuk nyeri perut saat mens, mengoleskan ginger oil yang kaya antiradang dan memiliki efek hangat dari gingerols akan sangat membantu.

Mudah kan Moms, cara sederhana, alami dan aman akan membuat gejala PMS kita berkurang bahkan hilang.

 

Love, 

Zupermom team 

0 Komentar

Balas Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked*