Bayi Baru Lahir

5 Masalah Kulit yang Seringkali Dialami Bayi

5-masalah-kulit-yang-seringkali-dialami-bayi

Kulit bayi kita memang sangat sensitif ya Moms. Untuk itu banyak sekali masalah kulit yang dialami bayi baru lahir. Karena sensitifnya seringkali kita bingung harus melakukan apa untuk merawat kulit bayi kita. Terkadang masalah yang bisa hilang sendiri pun kita bingung untuk mengobatinya. Nah yuk Moms kita mulai cari tahu apa saja ya masalah yang sering hinggap di kulit bayi kita.

Baret-baret/ Scratch

Sering ya bayi kita wajah atau tubuhnya yang mulus terkena garuk kukunya sendiri, alhasil sering ada baret-baret atau Scratches. Karena bayi belum bisa mengatur gerakannya, jangan lupa rajin memotong kuku dan oleskan pelembab ya Moms untuk melindungi kulitnya. KIta boleh memasangkan penutup tangan, tetapi bila pipi bayi kita kemerahan karena iritasi dari sarung tangannya saat mengusap pipi, lebih baik lepaskan saja sarung tangannya ya Moms

Jerawat bayi

Masalah jerawat memang sering dialami bayi ya Moms, jerawat ini seringkali dihubungkan dengan masalah hormon ibu diakhir kehamilan yang mempengaruhi pori-pori bayi. Jangan kawatir Moms, biarkan aja ya jerawat ini akan hilang sendiri setelah beberapa minggu kok Moms.

Baca Juga:
Craddle cap/ Ketombe

Sisik putih pada kulit kepala bayi yang mirip ketombe ini sering banget lho Moms hinggap pada bayi kita. Tapi jangan kawatir ketombe ini akan hilang sendiri kok setelah usia 6 bulan. Sebenarnya kita tidak perlu melakukan apapun Moms, tapi kita bisa pijat lembut kulit kepala bayi dengan shampo. Kita bisa menggosoknya dengan lembut dengan handuk atau sikat yang lembut.

Biang keringat

Biang keringat ini sudah biasa dialami bayi kita Moms, tapi akan semakin parah iritasinya ketika bayi kita akan tumbuh gigi. Air liur bayi yang semakin banyak akan membuat pipi, dagu dan leher bayi kita semakin merah. Nah, mengganti baju bayi lebih serinmg, pemakaian otto akan mencegah leher bayi ter iritasi. Memberikan pelembab bayi yang ringan atau esential oil seperti camomile akan membantu melindungi kulit bayi dari iritasi

Ruam popok

Bayi akan tetap mengalami ruam popok meskipun kita menggunakan diapers yang mahal Moms, karena memang kulit bayi kita masih sensitif. Terlebih ketika bayi kita mulai makan, pasti akan terjadi perubahan komposisi BAB nya sehingga dapat mengiritasi kulit. Mengganti popok sesering mungkin dan beri kesempatan kulit bayi sesekali tanpa popok agar bisa bernapas. Jangan gunakan tisu basah beralkohol, pilihlah yang basic air.  Gunakan pelembab untuk melindungi kulitnya, atau bila mulai parah pilih pelembab yang memiliki kandungan zinc oxide ya Moms untuk meredakannya.

 

Nah udah kenal dan tahu kan Moms apa yang harus kita lakukan? Karena tahu akan membuat kita mampu mengatasi jika masalah itu muncul.

Love,

Zupermom team

0 Komentar

Balas Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked*