Kehamilan, Kesuburan

5 Cara Alami Meningkatkan Kesuburan

5-cara-alami-meningkatkan-kesuburan

Berikut adalah cara alami meningkatkan kesuburan:

  1. Perhatikan Pola Makan

Salah satu pilihan pengobatan infertilitas alami yang paling penting adalah dengan memakan makanan sehat yang tepat. Makanan yang dapat membantu pengobatan infertilitas antara lain:

  • Makanan Organik

Pestisida dapat mempengaruhi estrogen dan hormon lainnya, oleh karena itu penting untuk memilih hanya produk organik sebanyak mungkin.

  • Ikan Laut

Omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat meningkatkan kesuburan dan pembuahan. Penelitian juga menunjukkan bahwa diet kaya asam lemak omega-3 dapat membantu mengatur ovulasi, memperbaiki kualitas sel telur dan bahkan menunda penuaan ovarium. Hindari ikan tinggi merkuri.

  • Vitamin E

Vitamin E sangat penting untuk mengatur kinerja banyak hormon dan fungsi sistem hormonal lainnya.

  • Makanan Kaya akan Vitamin C

Vitamin C membantu memicu ovulasi pada wanita dan bisa meningkatkan sperma pada pria. Makanan vitamin C juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi, nutrisi penting bagi wanita yang sedang hamil. Buah grapefruits dan buah sitrus lainnya, kiwi, jambu, paprika merah, dan kangkung adalah sumber vitamin C yang bagus.

  • Makanan Kaya akan Folat

Folat atau asam folat adalah vitamin B yang membantu tubuh membangun sel baru dan mencegah cacat lahir. Para ahli merekomendasikan peningkatan asupan folat sebelum hamil untuk memastikan kehamilan yang sehat. Kebanyakan wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin prenatal dengan asam folat untuk memastikan mereka mendapatkan 400 sampai 800 mikrogram setiap hari. Makanan yang kaya akan folat termasuk sayuran berdaun hijau, buah sitrus, kacang-kacangan dan gandum.

  • Brokoli, Kubis

Sayuran ini mengandung indole-3-carbinol, yang membantu hati memetabolisme estrogen. Yang terbaik adalah mengukus sayuran, menghindari goitrogen yang ada dalam keadaan mentah.

  • Biji labu

Bagi pria, biji labu ini memberi seng (Zn), nutrisi penting untuk reproduksi.

 

Makanan yang berdampak negatif pada kesuburan meliputi:
  • Daging dengan Lemak Tinggi

Daging ini dapat meningkatkan tingkat peradangan dan mungkin mengandung zat aditif.

  • Biji-bijian

Biji-bijian dapat meningkatkan kortisol dan estrogen, yang menyebabkan masalah infertilitas.

  • Gula halus

Asupan gula halus yang tinggi juga berkontribusi terhadap obesitas, yang merupakan faktor risiko infertilitas yang besar.

  • Alkohol

Alkohol meningkatkan peradangan dan mengurangi fungsi kekebalan tubuh. Bagi wanita, alkohol dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan ovulasi dan endometriosis. Bagi pria, menurunkan kadar testosteron, menyebabkan disfungsi ereksi dan menurunkan produksi sperma.

  • Kafein

Kafein dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, dehidrasi dan menyebabkan kekurangan mineral. Konsumsi tinggi kafein telah terbukti mengganggu kesuburan. American Pregnancy Association mengatakan bahwa lebih dari 200 sampai 300 miligram kafein per hari dapat mengurangi kesuburan hingga 27%.

  • Narkoba

Obat-obatan seperti ganja dapat berdampak negatif terhadap kesuburan dengan membuat ovulasi lebih sulit setiap bulannya.

  1. Suplemen Peningkat Kesuburan

Pengobatan infertilitas alami lainnya adalah mengkonsumsi lebih banyak suplemen yang meningkatkan kesuburan, termasuk:

  • Kurma muda

Kurma muda mengandung kadar flavanoid dan phenolyc acid yang dapat menstimulasi pembentukan hormon reproduksi, memperbaiki siklus menstruasi dan meningkatkan hormon testosteron.

  • Zuriat

Zuriat membantu meningkatkan produksi hormon testosteron, memperbaiki testis sehingga meningkatkan kuaitas sperma. Selain itu pada wanita dapat membantu memperbaiki rahim setelah menstruasi atau kuret.

  • Vitamin C

Vitamin C dapat membantu mencegah penggumpalan sperma pada pria. Konsumsi  500 miligram dua kali sehari.

  • B-Kompleks

Vitamin B terlibat dalam metabolisme estrogen. Konsumsi  50 miligram setiap hari.

  • Vitamin E

Vitamin E merupakan vitamin penting bagi kesuburan untuk membantu keseimbangan hormon. Mengkonsumsi 400 IU setiap hari baik untuk kesuburan.

  1. Turunkan Stres

Kita akan sering menemukan penurunan stres sebagai solusi untuk ketidaksuburan paling akhir, tapi ini adalah pengobatan infertilitas alami yang penting. Di dunia sekarang ini, kita hidup dengan tekanan tinggi dan terus meremehkan dampaknya terhadap kesehatan kita.
Penelitian telah menunjukkan bahwa stres memiliki dampak langsung terhadap risiko infertilitas wanita. Satu studi mengukur kadar enzim yang terkait dengan stres pada air liur wanita yang mencoba hamil selama rentang waktu satu tahun. Enzimnya adalah alfa-amilase, enzim yang membantu tubuh mencerna karbohidrat yang juga terkait dengan respons stres .

Para peneliti menemukan bahwa dari sekitar 400 pasangan yang menyelesaikan penelitian ini, 87% wanita tersebut dapat hamil. Setelah melakukan penyesuaian terhadap usia, ras, pendapatan, dan alkohol, penggunaan kafein dan rokok, para periset menemukan bahwa wanita dengan tingkat amilase tertinggi memiliki kemungkinan kehamilan 29% lebih rendah dibandingkan wanita yang memiliki kadar enzim paling rendah.

Kenali penyebab stres dan menghilangkannya dari kehidupan kita jika memungkinkan. Jika tidak bisa menghilangkannya, kita harus menemukan cara sehat untuk mengatasi stres dan menurunkannya. Begitu kita menjadi orang tua, semua prioritas bergeser. Jika kita stres, tingkat kortisol akan meningkat, yang menyebabkan tidak hanya ketidaksuburan, tapi juga berbagai masalah fisik dan mental lainnya. Sekarang adalah waktu untuk menurunkan stres dan dampaknya pada tubuh secara serius.

  1. Tidur Lebih Banyak

Selain menjaga tingkat stres tetap rendah, tidur yang cukup sangat penting dalam meningkatkan kesuburan. Rata-rata wanita (30 sampai 60 tahun) hanya mendapat enam jam dan 41 menit tidur selama minggu kerja, menurut National Sleep Foundation. Penelitian telah menunjukkan bahwa tidak cukup jam tidur setiap malam dapat berdampak negatif terhadap kemampuan untuk hamil.

Mengapa tidur begitu penting untuk hamil? Sebenarnya ada beberapa alasan. Tidur (atau tidak tidur) memiliki efek kuat pada sistem hormonal tubuh Anda. Jika Anda tidak cukup tidur, maka siklus dan juga ovulasi bisa buruk. Jika tidak cukup tidur, kadar leptin (hormon nafsu makan) biasanya turun, dan ini juga berdampak negatif terhadap ovulasi. Orang yang memiliki masalah tidur serius, seperti penderita insomnia, juga cenderung memiliki kadar hormon stres yang lebih tinggi, yang tidak mendorong kesuburan.

Tidur  delapan per malam dan menjadwalkan waktu selama seminggu dan melakukan hal-hal yang membuat Anda senang.

  1. Berolahraga untuk Mengimbangi Hormon

Beberapa orang dapat segera merasakan perbedaan hormon mereka (walaupun mereka mungkin tidak tahu apa itu) saat mereka berolahraga. Suasana hati membaik, mereka tidur lebih nyenyak dan bahkan mungkin mengalami peningkatan nafsu seksualnya. Semua perubahan ini terjadi dengan perubahan hormon. Misalnya, kita sering mendengar tentang serotonin “feel good hormone” yang meningkat dengan berolahraga. Tubuh kita diciptakan untuk makan sehat dan aktif setiap hari, tapi banyak dari kita bahkan tidak mendekati keberadaan normal ini. Jika Anda ingin hamil, sangat penting, namun sering diabaikan, untuk berolahraga secara teratur agar hormon Anda sesuai atau dengan kata lain seimbang. Dari pelepasan telur ke kondisi sperma dan kemampuannya untuk mencapai dan membuahi sel telur, hormon berperan dalam hampir setiap proses dalam hal konsepsi.
Namun,  latihan kardio jarak jauh atau apapun yang terlalu berat berdampak buruk bagi kesuburan, karena penelitian telah menunjukkan bahwa bekerja terlalu keras dapat menyebabkan masalah pada hormon dan kesuburan. Periset telah menemukan bahwa aktivitas fisik pada tingkat yang sangat tinggi atau sangat rendah secara negatif mempengaruhi kesuburan, sementara aktivitas moderat bermanfaat.

0 Komentar

Balas Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked*