Kehamilan, Kesuburan

18 Superfood Peningkat Kesuburan

18-superfood-peningkat-kesuburan

Moms, ketika kita sedang berjuang untuk hamil, atau ketika kita sedang menghadapi masalah kesehatan terutama kesuburan, memang sudah saatnya kita harus memperhatikan pola makan kita. Semakin baik kita menjaga pola makan kita, tentu akan berdampak pada kesehatan kita ya Moms. Bukan mitos lho soal makanan ini, beberapa penelitian sudah menyebutkan bukti ilmiah yang mendukung bahwa makanan ini bermanfaat untuk memperbaiki ketidaksuburan Moms. Nah apa aja sih superfood yang bisa meningkatkan kesuburan ini?

  1. Brokoli

Brokoli adalah sumber asam folat, kita pasti tahu ya Moms kalau asam folat penting untuk kehamilan yang sehat. Asam folat juga telah terbukti bisa mencegah gangguan cacat lahir seperti Spina Bifida (kelainan syaraf). Brokoli juga tinggi vitamin C, yang digunakan oleh ovarium untuk mematangkan sel telur dan memastikan ovulasi terjadi tiap bulan.

  1. Kubis

Kubis mengandung phytonutrient yang disebut Di-Indole Methane (DIM). DIM membantu metabolisme estrogen dan mencegah fibroid, yang berpotensi menyebabkan ketidaksuburan lho Moms. DIM juga telah terbukti mengurangi kemungkinan pengembangan endometriosis.

  1. Yams (Ubi Cina)

Yams dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita dengan memberikan dukungan nutrisi yang diperlukan untuk ovulasi secara teratur. Yams bekerja dengan menipu otak agar berpikir bahwa tidak ada cukup estrogen, jadi otak akan menghasilkan lebih banyak esterogen, yang merupakan kunci untuk kesuburan sehat.

  1. Alpukat

Alpukat adalah sumber vitamin E yang diperlukan untuk motilitas atau gerakan sperma. Vitamin E juga membantu mengurangi cacat DNA sperma. Kecacatan inilah yang bisa menyebabkan keguguran. Tingkat vitamin E yang lebih tinggi telah terbukti membuat sperma lebih subur lho Moms.

  1. Kuning Telur

Kuning telur sangat kaya akan kolin. Kolin membantu melindungi terhadap cacat tabung saraf, seperti Spina Bifida dan anencephaly namun kebanyakan wanita tidak mendapatkan cukup kolin.

  1. Salmon

Salmon sangat kaya asam lemak esensial (juga dikenal sebagai omega-3), salmon adalah ikan yang baik untuk kesuburan, asalkan berasal dari sumber yang baik ya Moms karena cemaran merkuri juga berbahaya. Wanita yang sudah memiliki anak cenderung kekurangan omega-3 karena sebelumnya saat hamil, bayi kita telah menghabiskan sebagian besar persediaan omega-3 kita.

  1. Minyak Zaitun

Mengganti lemak jenuh “buruk” dengan lemak yang sehat, seperti minyak zaitun, merupakan langkah penting menuju kesuburan yang sehat Moms. Karena tubuh kita tetap butuh lemak lho untuk membentuk hormon.

  1. Biji Labu

Biji labu adalah sumber seng yang luar biasa, yang membantu perkembangan sperma dan telur yang sehat. Tingkat seng yang tepat sangat penting pada saat pembuahan, karena seng berperan dalam pembelahan janin. Makanan yang kaya seng adalah kacang almond, gandum hitam, kacang polong, dan gandum.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau tinggi asam folat dan zat besi. Manfaat asam folat sangat dikenal, termasuk mencegah cacat lahir  dan meningkatkan kesehatan sperma dan perkembangan telur. Sementara itu zat besi membantu membangun lapisan rahim yang kuat, yang akan membantu janin berhasil menempel pada rahim dan bertahan selama sembilan bulan ke depan.

  1. Kecambah

Kecambah membantu menciptakan lingkungan yang lebih alkali atau basadi tubuh Kita Moms. Suasana basa ini sangat baik untuk lendir serviks karena akan membuat sperma dapat bertahan ketika pembuahan.

  1.  Yogurt

Seperti minyak zaitun, yogurt full-fat kaya akan lemak tak jenuh yang sangat dibutuhkan untuk kesuburan. Yogurt juga merupakan sumber bakteri menguntungkan, yang baik untuk Kita dan janin yang sedang berkembang.

  1. Minyak Ikan

Minyak ikan cod penuh dengan omega-3 penting yang membantu mengatur hormon, meningkatkan cairan serviks yang baik, dan bahkan melindungi sperma dari radikal bebas yang merusak.

  1. Biji rami

Biji rami sangat bagus untuk menyeimbangkan hormon dan meningkatkan kesuburan. Biji rami mengandung lignan, yang terkait dengan penurunan fibroid dan peningkatan kesuburan.

  1. Rumput laut

Rumput laut tinggi yodium, yang bisa menurunkan risiko ketidaksuburan dan keguguran. Dan yodium mempengaruhi perkembangan otak janin.

  1. Bawang putih

Bawang putih bukan hanya untuk mencegah vampir pergi Moms. Bawang putih juga mengandung banyak nutrisi penguat kesuburan, termasuk selenium, yang merupakan antioksidan pendukung pembuahan dan melindungi embrio dari keguguran awal.

  1. Kurma

Kurma kaya antioksidan dan asam phenol yang akan mestimulasi otak untuk mengeluarkan hormon penstimulasi esterogen dan progesteron, sehingga keseimbangan hormon akan tercapai, ovulasi lebih teratur dan sel telur berkualitas. Selain itu, kurma juga mestimulasi naiknya testosteron yang akan membantu mematangkan sperma.

  1. Pistachio

Pistachio tinggi asam amino dan arginin yang dapat membantu mengatasi impotensi dan ejakulasi dini pada pria, serta tinggi antioksidan yang dapat memperbaiki organ rerouksi agar memaksimalkan fungsinya lho Moms.

  1. Doum fruit (zuriat)

Zuriat terbukti dapat membantu meningkatkan ukuran testis dan epididimis (pabrik sperma) serta meningkatkan kesuburan pria dan kualitas sperma. Zuriat juga tinggi antioksidan sehingga dapat memperbaiki kerusakan pada organ reroduksi.

Nah Moms, banyak kan superfood untuk kesuburan ini. Yuk minimal kita makan satu superfood ya setiap harinya.

Love,

Zupermom team

0 Komentar

Balas Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked*